SEO Tools Gratis dan Terbaik Untuk Meningkatkan Ranking Website

SEO Tools Gratis dan Terbaik Untuk Meningkatkan Ranking Website

SEO Tools Gratis dan Terbaik Untuk Meningkatkan Ranking Website

Search Engine Optimization atau biasa disebut dengan SEO merupakan optimasi website yang dilakukan untuk memperoleh peringkat paling atas pada hasil pencarian. Agar bisa memperoleh performa SEO yang maksimal, maka SEO Tools sangat dibutuhkan.

SEO tools nantinya akan mempermudah anda untuk mengambil keputusan yang berhubungan dengan SEO. Contohnya untuk mengukur kualitas backlink, melihat performa dari traffic dan sebagainya. Agar proses optimasi bisa berjalan dengan baik, berikut rekomendasi SEO tools gratis dan terbaik yang bisa digunakan.

  1. Google Keyword Planner

    SEO tools gratis dan terbaik pertama yang bisa dipakai untuk meningkatkan ranking website pada halaman pencarian adalah Google Keyword Planner. Dengan memakai tools ini, maka anda bisa menemukan kata kunci yang baru, meriset keyword yang dipakai dalam website, keyword ideas yang merupakan salah satu fitur SEO Google dan sebagainya.

    Dengan beberapa fitur ini, nantinya anda dapat memasukkan keyword atau kata kunci serta domain tertentu untuk melihat beberapa informasi penting lainnya, seperti:

    - Rata-rata dari volume pencarian.
    - Kata kunci yang relevan.
    - Tingkat kompetisi untuk setiap keyword.

  2. Google Trends

    Google Trends merupakan SEO tools yang bisa dipakai untuk melihat tingkat kepopuleran dari kata kunci yang ingin digunakan. Dengan menggunakan tools ini, anda bisa mendapatkan beberapa hal, seperti:

    - Menambahkan referensi keyword yang baru.
    - Mencari kata kunci yang sedang populer.
    - Membandingkan performa kata kunci secara historis.
    - Mengetahui lokasi yang paling bagus untuk kata kunci tertentu.

    Google Trend ini tidak hanya bisa memberikan hasil pencarian web namun juga hasil Google News, Google Images, YouTube dan juga Google Shopping. Dengan informasi yang diberikan tool ini, maka anda bisa mengatur strategi pembuatan konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

  3. Google PageSpeed Insight

    Dari riset Google dibuktikan jika 53% dari pengguna internet yang ada di Indonesia akan meninggalkan suatu website dengan loading lebih dari 3 detik. Apabila hanya dibiarkan, maka akan meningkatkan nilai bounce rate pada website anda.

    Pemakaian Google PageSpeed Insight sangat penting dalam meningkatkan kecepatan website. Nantinya, Google PageSpeed Insight akan memberi analisis berhubungan dengan kecepatan website pada mobile serta desktop. Penilaian berbentuk skor ini akan dihitung dari beberapa kriteria, yakni:

    - Total blocking time: Jangka waktu yang diperlukan antara FCP sampai waktu interaktifnya.
    - Speed index: Seberapa cepat halaman bisa terlihat secara lengkap.
    - First contentful paint: Berapa lama gambar atau teks akan muncul pada halaman browser.
    - Largest contentful paint: Waktu ketika konten terbesar seperti gambar atau teks muncul pada halaman browser.
    - Time to interactive: Durasi halaman sampai siap untuk dipakai.

  4. Yoast SEO

    Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO populer untuk pengguna WordPress. Jika tools lain harus diakses lewat web app atau website, maka untuk Yoast SEO bisa dipasang pada WordPress serta otomatis akan menganalisis apakah konten telah menerapkan SEO dengan benar atau belum.

    Yoast SEO juga bisa membantu dari segi technical. Contohnya dengan memberi rekomendasi interlink untuk artikel, canonical link otomatis, notifikasi error page serta how to schema supaya konten bisa lebih terstruktur.

  5. Google Search Console

    SEO Tools selanjutnya yang bisa digunakan secara gratis adalah Google Search Console untuk mengindentifikasi performa dari website di wilayah organik. SEO tools ini memiliki tingkat keakuratan data yang baik dan hasil riset yang ditampilkan diambil dari database Google. Ada beberapa kemampuan dari SEO tools ini dan berikut beberapa diantaranya:

    - Bisa menganalisis traffic website.
    - Bisa mengetahui referring domain.
    - Bisa membantu mencari ide keyword yang baru.
    - Bisa memeriksa bagaimana kinerja website pada perangkat mobile.
    - Bisa mengidentifikasi halaman paling populer pada website yang anda miliki.
    - Bisa melihat backlink ke website yang anda miliki.
    - Bisa memeriksa kompatibilitas website pada perangkat mobile
    - Bisa mengidentifikasi masalah keamanan yang terjadi di website.
    - Bisa memeriksa broken link.
    - Bisa mengatur sitemap website.

  6. Google Analytics

    Karena hampir kebanyakan pencarian online memakai Google, maka bisa berada di ranking pertama Google juga menjadi hal yang sangat penting. Untuk itu, SEO tools seperti Google Analytics sangat direkomendasikan untuk digunakan. SEO tools punya kemampuan untuk melihat perkembangan performa suatu website.

  7. Ubersuggest

    SEO tools selanjutnya yang sangat direkomendasikan dan serbaguna adalah Ubersuggest. Meskipun untuk fitur lengkap kita perlu melakukan upgrade akun ke premium, tapi setidaknya kita masih bisa menggunakan tools versi free nya. Tools ini bisa digunakan untuk membantu optimasi secara off page dan juga on page. Di dalam aplikasi ini terdapat 3 fitur utama, yakni:

    - Competitive analysis: Untuk membandingkan data SEO beberapa kompetitor secara sekaligus.
    - Keyword analyzer: Untuk menganalisis kekuatan suatu keyword, memberikan kata kunci yang paling relevan, menampilkan laporan dari performa keyword dan sebagainya.
    - SEO Explorer: Untuk menganalisis SEO On Page, merangkum informasi yang berhubungan dengan SEO serta memberikan informasi backlink.

  8. SEMrush

    Rekomendasi SEO tools selanjutnya adalah SEMrush yang juga bisa meningkatkan SEO On Page serta Off Page. Di dalam tools ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang bisa dipakai, seperti:

    - Competitive research: Berisi ringkasan dari performa domain, pencarian organik, analisis traffic, backlink dengan kompetitor dan juga membandingkan keyword.
    -Keyword research: Berguna untuk merangkum keyword yang berhubungan atau relevan, melacak posisi dari SERP, memberikan saran traffic organic untuk situs dan sebagainya.
    - Link building: Tools audit, analisis serta untuk membangun backlink.

    Untuk versi gratis dari tools SEMrush ini sudah bisa memberikan informasi utama pada penggunanya meski ada beberapa informasi yang spesifik yang masih terkunci. Jika memang memerlukan fitur yang lengkap, maka bisa mencoba free trial 30 hari. Jika memang terbukti membantu proses SEO semakin maksimal, maka langganan berbayar bisa dilakukan.

About Author

Flowing Panda
Flowing Panda

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

Artikel Terkait